Jumat, 01 Februari 2019

Islam Mengatur Etika dalam Berpolitik, Bukan Sistem Politik

Islam Mengatur Etika dalam Berpolitik, Bukan Sistem Politik

Tasikmalaya, Ketiadaan nash sorih baik dalam alquran dan hadis yang menjelaskan sistem politik Islam mengakibatkan berbeda-bedanya sahabat senior terbaik Nabi dalam menentukan Khalifah setelah Nabi wafat, perlu diketahui bahwa salah satu tujuan politik adalah menduduki kekuasaan dan tatacara menduduki kekuasaan di tiga sahabat Nabi berbeda. Disampaikan oleh Kiai Yayan dalam Madrasah Aswaja PAC Ansor Cibeureum.

Lihat Juga : 6 Kriteria Ulama Menurut KH. Sholeh Darat

Cara Abu Bakar yang diangkat melalui musyawarah sebagian sahabat di bani Tsaqifah bani Saidah berbeda dengan pengangkatan Umar bin Khatab yang melalui wasiat Abu Bakar, begitupun mekanisme pengangkatan Utsman Bin Affan yang ditunjuk berdasarkan hasil tim formatur yang ditunjuk Umar bin Khatab sebelumnya. Papar Ketua Aswaja Center Tasikmalaya ini.

Lihat Juga : Hukum dan Cara Membayar Hutang Puasa Tahun Lalu

Alhasil Islam tidak mengatur sistem politik, yang diatur Islam adalah etika politiknya. Bagaimana Keadilan, Musawamah al insaniyah, kesamaan hak dan martabat setiap warga negara, bagaimana peran pemerintah dalam mensejahterakan masyarakatnya itu yang di tilai, bentuknya terserah, tidak harus Khilafah seperti yang dipaksakan oleh HTI, Jemaah Ansoru Daulah dan ISIS.

Lihat Juga : Islam itu Agama - Nusantara itu Budaya

Inilah yang dipahami oleh para sahabat yang langsung belajar dari baginda nabi dalam mengurusi haliyah umat baik dalam agama dan negaranya, dari tiga sahabat terbaik Nabi berbeda dalam sistem politiknya, sistem politik mana yang sesuai dengan yang dicontohkan Nabi?.

Lihat Asli : Islam Mengatur Etika Politik, bukan Sistem Politik

Lihat Juga :

Keyword : sejarah politik islam, konsep politik islam, tujuan politik islam, pertanyaan tentang politik islam, politik islam pdf, artikel politik islam, perbedaan politik islam dan politik umum, ceramah tentang politik islam, tujuan politik islam, contoh makalah tentang konsep politik islam, demokrasi dan ham dalam islam, konsep politik ekonomi islam, konsep politik dalam al quran, islam mengatur politik, ceramah tentang politik islam, konsep politik perspektif barat, sejarah politik islam, konsep politik islam, tujuan politik islam, pertanyaan tentang politik islam, politik islam pdf, artikel politik islam, perbedaan politik islam dan politik umum, ceramah tentang politik islam, tujuan politik islam, contoh makalah tentang konsep politik islam, demokrasi dan ham dalam islam, konsep politik ekonomi islam, konsep politik dalam al quran, islam mengatur politik, ceramah tentang politik islam, konsep politik perspektif barat, sejarah politik islam, konsep politik islam, tujuan politik islam, pertanyaan tentang politik islam, politik islam pdf, artikel politik islam, perbedaan politik islam dan politik umum, ceramah tentang politik islam, tujuan politik islam, contoh makalah tentang konsep politik islam, demokrasi dan ham dalam islam, konsep politik ekonomi islam, konsep politik dalam al quran, islam mengatur politik, ceramah tentang politik islam, konsep politik perspektif barat,