Kamis, 10 Agustus 2017

Definisi dan Pengertian Ibadah Menurut Ulama Akhlak

Definisi dan Pengertian Ibadah Menurut Ulama Akhlak

Dalam mendefinisikan pengertian Ibadah, Ulama Akhlak memiliki pandangan yang berbeda dari Ulama bahasa, ulama tauhid, ulama tafsir dan ulama hadits. Menurut Ulama Akhlak, ibadah diartikan sebagai segala sesuatu dan taat pada badaniyah dan juga menjalankan segala sesuatu sesuai syari’at yang dicapai oleh kamu muslimin.

Dalam mengartikan Ibadah, Ulama Akhlak mengatakann bahwa ibadah adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia, dan termasuk dengan budi pekerti atau akhlak, serta tugas dan juga kewajiban dalam kehidupan manusia. Baik kewajiban atau tugas itu untuk diri sendiri maupun untuk orang lain (keluarga dan masyarakat).


Artikel terkait : Definisi Ibadah Menurut Ulama Ahli TauhidDefinisi Ibadah Menurut Ulama Tafsir dan HaditsDefinisi Ibadah Menurut Ulama Tasawuf


Definisi dan pengertian Ibadah menurut pandangan Ulama Akhlak ini didasarkan kepada hadits Nabi yang pernah di Riwayatkan oleh Imam Jalaludin As-Suyuti , yang artinya “Mencintai ayah dan ibu adalah Ibadah”. hadits yang serupa juga pernah diriwayatlkan oleh Imam jalulidin As-Syuti, yang artinya “Ibadah Merupakan 10 Suku. 9 suku dari 10 suku tersebut berupa mencari harta yang halal.”

Dari berbagai pengertian, definisi, takrif dan fari pandangan Ulama Akhlak tentang Ibadah, maka bisa disimpulkan bahwa Ulama Akhlak memandang Akhlak dengan pandangan yang lebih luas karena menyangkut kehidupan manusia kepada diri sendiridan kepada sesama manusia sebagai sebuah jalan dan sarana menuju tingkat ketaatan kepada Allah swt.

Artikel Terkait :

Keyword :