Minggu, 20 Agustus 2017

Makalah Kewajiban Warga Negara | Download

Tags

MAKALAH KEWAJIBAN WARGA NEGARA



 Download Filenya
Ingat, Makalah yang kami share hanya sebagai bentuk referensi saja. Silahkan cari referensi dari sumber lainnya.

BAB II
PE
NBAHASAN


A. Pengertian kewarganegaraan dan Pewarganegaraan
1. Pengertian Kewarganegaraan
Istilah kewarganegaraan memiliki arti keanggotaan yang menunjukkan hubungan atau ikatan antara negara dan warga negara. Kewarganegaraan diartikan segala jenis hubungan dengan suatu negara yang mengakibatkan adanya kewajiban negara itu untuk melindungi orang yang bersangkutan. Adapun menurut Undang-Undang kewarganegaraan republik Indonesia, kewarganegaraan adalah segala ikhwal yang berhubungan dengan negara.
Pengertian kewarganegaraan dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut :
  1. Kewarganegaraan dalam arti yuridis dan sosiologis.
·         Kewarganegaraan dalam arti yuridis ditandai dengan adanya ikatan hukum antara orang-orang dengan negara.
·         Kewarganegaraan dalam arti sosiologis tidak ditandai dengan ikatan hukum, tetapi ikatan emosional, seperti ikatan perasaan, ikatan keturunan, ikatan nasib, ikatan sejarah, dan ikatan tanah air.
  1.  Kewarganegaraan dalam arti materil & formil
·         Kewarganegaraan dalam arti formil menunjukkan pada tempat kewarganegaraan.Dalam sistematika hukum, masalahkewarganegaraan berada pada hukumpublik.
·         Kewarganegaraan dalam arti materil menunjukkan pada akibat hukum dari status kewarganegaraan, yaitu adanya hak dan kewajiban warga negara.
Pengertian kewarganegaraan menurut beberapa ahli sebagai berikut :
a.      Semantri
Kewarganegaraan ialah sesuatu yang berhubungan dengan manusia sebagai individu dalam suatu perkumpulan yang terorganisir dalam hubungan dengan negara.
b.      Stanle& E. Ptnord dan Emer F. Peliger
Kewarganegaraan ialah studi yang berhubungan dengan tugas-tugas pemerintahan dan hak-kewajiban warga negara.
c.       Dariono
Kewarganegaraan ialah isi pokok yang mencakup hak dan kewajiban warga negara.
d.      Wolhoff
Kewarganegaraan ialah keanggotaan suatu bangsa tertentu yakni sejumlah manusia yang terikat dengan yang lainnya karena kesatuan bahasa kehidupan sosial-budaya serta nasionalnya.
2. Pengertian Pewarganegaraan (Naturalisasi)
Pewarganegaraan atau naturalisasi adalah pemerolehan kewarganegaraan bagi negara asing setelah memenuhi syarat sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan. Didalam UU RI I No 12 tahun 2006, permohonan pewarganegaraan dapat diajukan oleh pemohon jika memenuhi persyaratan sebagai berikut :
  1. Telah berusia 18 tahun atau sudah kawin
  2. Pada waktu mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal diwilayah negara Indonesia paling singkat 5 tahun berturut-turut atau paling singkat 10 tahun tidak berturut-turut
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar negara pancasila dan UUD RI tahun 1945
  5. Tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana 1 tahun atau lebih.
  6. Jika dengan memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia, tidak menjadi berkewarganegaraan ganda.
  7. Mempunyai pekerjaan dan atau berpenghasilan tetap
  8. Membayar uang pewarganegaraan ke kas negara.Didalam natuarlisasi istimewa dapat diberikan bagi mereka (warga asing ) yang telah berjasa kepada negara RI. kemudian mereka mengucapkan sumpah atau janji setia  ( tidak perlu memenuhi syarat sebagai mana dalam naturalisasi biasa ). Cara ini diberikan oleh presiden dengan persetujuan DPR RI.
B. Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia.
1.Pengertian Hak Kewajiban
Dalam konteks kata, hak dan kewajiban mengandung kata yaituhak dan kewajiban. Dari masing-masing kata tersebut tentunya mempunyai arti tersendiri. Menurut Prof. Dr. Notonegoro hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melalui oleh pihak tertentu dan tidak dapat dilakukan oleh pihak lain manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya. Menurut pengertian tersebut, individu maupun kelompok ataupun elemen lainnya, jika menerima hak hendaknya dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak dapat diwakilkan kepada orang lain. Jadi harus pihak yang menerimannya lah yang melakukan itu. Dari pengertian yang lain, hak bisa berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunanya tergantung kepada kita sendiri contohnya hak mendapatkan pengajaran. Dalam hak mendapatkan pengajaran ini adalah tergantung dari diri kita sendiri. Kalau memang menganggap bahwa pengajaran itu penting bagi kita pasti kita akan senantiasa belajar atau sekolah atau mungkin kuliah. Tapi kalau ada yang menganggap itu tidak penting pasti tidak akan melakukan hal itu.
Kata yang kedua adalah kewajiban. Kewajiban berasal dari kata wajib. Menurut Prof. Dr. Notonegoro wajib adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan melalui oleh pihak tertentu, tidak dapat oleh pihak lain manapun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan. Kewajiban pada intinya adalah sesuatu yang harus dilakukan. Disini kewajiban berarti suatu keharusan maka apapun itu jika merupakan kewajiban kita harus melaksaakannya tanpa ada alasan apapun. Dari pengertian yang lain kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab atau pembatasan atau beban yangtimbul karena hubungan dengan sesama atau dengan Negara.
2. Penentuan warga Negara Indonesia
Dalam menentukan kewarganegaraan seseorang, dikenal denganadanya asas kewarganegaraan berdasarkan kelahiran dan asas kewaraganegaraan berdasarkan perkawinan. Dalam penentuan kewarganegaraan didasarkan kepada sisi kelahiran, dikenal dua asas yaitu
  1. Asas Ius Soli
Asas yang menyatakan bahawa kewarganegaraan seseorang ditentukan dari tempat dimana orang tersebut dilahirkan.
  1. Asas Ius Sanguinis
Asas yang menyatakan bahwa kewarganegaraan sesorang ditentukan beradasarkan keturunan dari orang tersebut.
Selain dari sisi kelahiran, penentuan kewarganegaraan dapat didasarkan pada aspek perkawinan yang mencakup atas asas kesatuan hukum dan asas persamaan derajat:
a.        Asas persamaan hukum didasarkan pandangan bahwa suami istriadalah suatu ikatan yang tidak terpecahkan sebagai inti darimasyarakat. Dalam menyelenggarakan kehidupan bersama, suami istri perlu mencerminkan suatu kesatuan yang bulat termasuk dalam masalah kewarganegaraan. Berdasarkan asas ini diusahakan status kewarganegaraan suami dan istri adalah sama dan satu.
b.      Asas persamaan derajat berasumsi bahwa suatu perkawinan tidak menyebabkan perubahan status kewarganegaaraan suami atau istri. Keduanya memiliki hak yang sama untuk menentukan sendiri kewarganegaraan. Jadi mereka dapat berbeda kewarganegaraan sepertihalnya ketika belum berkeluarga.
Negara memiliki wewenang untuk menentukan warga negara sesuai dengan asas yang dianut negara tersebut. Dengan adanya kedaulatan ini, pada dasarnya suatu negara tidak terikat oleh negara lain dalam menentukan kewarganegaraan. Negara lain juga tidak boleh menentukan siapa saja yang menjadi warga negara dari suatu negara.
Penentuan kewarganegaraan yang berbeda-beda oleh setiap negara dapat menciptakan problem kewarganegaraan bagi seorang warga. Secara ringkas problem kewarganegaraan adalah munculnya apatride dan bipatride. Appatride adalah istilah untuk orang-orang yang tidak memiliki kewarganegaraan. Bipatride adalah istilah untuk orang-orang yang memiliki kewarganegaraan ganda (rangkap dua). Bahkan dapat muncul multipatride yaitu istilah untuk orang-orang yang memiliki kewarganegaraan yang banyak (lebih dari 2) Warga Negara Indonesia.
Negara Indonesia telah menentukan siapa-siapa yang menjadiwarga negara. ketentuan tersebut tercantum dalam pasal 26 UUD 1945 sebagai berikut:
  • Yang menjadi warga negara ialah orang-orang Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan undang-undang sebagai warga Negara.
  • Penduduk ialah waraga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia.
  • Hal-hal mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan undang-undang.
Beradasarkan hal diatas, kita mengetahui bahwa orang yang dapat menjadi warga negara Indonesia adalah:
  1. Orang-orang bangsa Indonesia asli.
  2. Orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang menjadi warga Negara.
3.Hubungan Warga Negara Dengan Negara
Wujud hubungan anatara warga negara dengan negara adalah pada umumnya adalah berupa peranan. Peranan pada dasarnya adalah tugas apa yang dilakukan sesuai dengan status yang dimiliki, dalam hal ini sebagai warga negara. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia tercantumdalam Pasal 27 sampai pasal 34 UUD 1945.Bbebarapa hak warga negara Indonesia antara lain sebagai berikut:
a. Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
b. Hak membela Negara.
c. Hak berpendapat.
d. Hak kemerdekaan memeluk agama.
e.Hak mendapatkan pengajaran.
f. Hak untuk mengembangkan dan memajukan kebudayaan nasional Indonesia.
g. Hak ekonomi untuk mendapat kan kesejahteraan social.
h. Hak mendapatkan jaminan keadilan social.
Sedangkan kewajiban warga negara Indonesia terhadap negara Indonesia adalah:
a. Kewajiban mentaati hukum dan pemerintahan.
b. Kewajiban membela Negara.
c. Kewajiban dalam upaya pertahanan Negara.
Selain itu ditentukan pula hak dan kewajiban negara terhadap warga negara. Hak dan  kewajiban negara terhadap warga negara padadasarnya merupakan hak dan kewajiban warga negara terhadap negara. Beberapa ketentuan tersebut, anatara lain sebagai berikut:
a. Hak negara untuk ditaati hukum dan pemerintah.
b. Hak negara untuk dibela.
c. Hak negara untuk menguasai bumi, air , dan kekayaan untuk kepentingan rakyat.
d. Kewajiban negara untuk menajamin sistem hukum yang adil.
e. Kewajiban negara untuk  enjamin hak asasi warga Negara.
f. Kewajiban negara mengembangkan sistem pendidikan nasional untuk rakyat.
g. Kewajiban negara memberi jaminan social.
h. Kewajiban negara memberi kebebasan beribadah.
Secara garis besar, hak dan kewajiban warga negara yang telah tertuang dalam UUD 1945 mencakup berbagai bidang. Bidang-bidang ini antara lain, Bidang politik dan
pemerintahan, sosial, keagamaan, pendidikan, ekonomi, dan pertahanan.
C. Penghormatan Dan Perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
1. Pengertian HAM
Hak asasi manusia merupakan hak dasar yang dimiliki oleh setiap manusia sebagai anugerah Tuhan yang melekat pada setiap diri manusia sejak lahir. Dalam  perwujudannya, hak asasi manusia tidak dapat dilaksanakan secara mutak karena dapat melanggar hak asasi orang lain. Memperjuangkan hak sendiri dengan mengabaikan hak orang lain, merupakan tindakan yang tidak manusiawi. Kita wajib menyadari bahwa hak-hak asasi kita selalu berbatasan dengan hak-hak asasi orang lain, karena itulah ketaatan terhadap aturan menjadi penting.
Beberapa pengertian HAM dikemukakan oleh beberapa tokoh yaitu sebagai berikut:
a. John Locke (Two Treaties on Civil Government)
Hak asasi manusia adalah hak yang dibawa sejak lahir yang secara kodrati melekat pada setiap manusia dan tidak dapat diganggu gugat (bersifat mutlak). Karena manusia sebagai makhluk sosial, hak-hak itu akan berhadapan dengan hak orang lain, oleh sebab itu:
Ø  Hak asasi harus dikorbankan untuk kepentingan masyarakat, sehingga lahir kewajiban.
Ø  Hak asasi semakin berkembang meliputi berbagai bidang kebutuhan, antara lain hak dibidang politik, ekonomi, dan sosial budaya.
b. Koentjoro Poerbapranoto (1976)
Hak asasi adalah hak yang bersifat asasi. Artinya, hak-hak yang dimiliki manusia nenurut kodratnya yang tidak dapat dipisahkandari hakikatnya sehingga sifatnya suci.
c. UU NO. 39 Tahun 1999 (Tentang Hak Asasi Manusia)
Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib
dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang
demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.
2. Hambatan Penegakan HAM
Tentang berbagai hambatan dalam pelaksanaan dan penegakan hak asasi manusia di Indonesia, secara umum dapat kita identi&ikasi sebagai berikut:
a. Faktor Kondisi Sosial-udaya
ü  Stratifikasi dan status sosial: yaitu tingkat pendidikan, usia, pekerjaan, keturunan dan ekonomi masyarakat Indonesia yang multikompleks (heterogen).
ü   Norma adat atau budaya lokal kadang bertentangan dengan HAM, terutama jika sudah bersinggung dengan kedudukan seseorang,upacara-upacara sakral, pergaulan dan sebagainya.
ü  Masih adanya konflik horizontal di kalangan masyarakat yang hanya disebabkan oleh hal-hal sepele.
b. Faktor Komunikasi dan informasi
ü  Letak geografis Indonesia yang luas dengan laut, sungai, hutan,dan gunung yangmembatasi komunikasi antar daerah.
ü  Sarana dan prasarana komunikasi dan informasi yang belum terbangun secara baik yang mencakup seluruh wilayah Indonesia.
ü  Sistem informasi untuk kepentingan sosialisasi yang masih sangat terbatas baik sumber daya manusianya maupun perangkat (software dan hardware) yang diperlukan.
c. Faktor Kebijakan Pemerintah
ü  Tidak semua penguasa memiliki kebijakan yang sama tentang pentingnya jaminan hak asasi manusia.
ü  Ada kalanya demi kepentingan stabilitas nasional, persoalan hak asasi manusia sering diabaikan.
ü  Peran pengawasan legislatif dan kontrol sosial oleh masyarakat terhadap pemerintah sering diartikan oleh penguasa sebagai tindakan pembangkangan.
d. Faktor Perangkat Perundangan
ü  Pemerintah tidak segera meratifikasikan hasil-hasil konvensi internasional tentang hakasasi manusia.
ü  Walaupun ada, peraturan perundang-undangan masih sulit untuk diimplementasikan.
e. Faktor Aparat dan penindakannya
ü  Masih adanya oknum aparat yang secara institusi atau pribadi mengabaikan prosedur kerja yang sesuai dengan hak asasi manusia.
ü  Tingkat pendidikan dan kesejahteraan sebagian aparat yang dinilai masih belum layak sering membuka peluang ‘jalan pintas’ untuk memperkaya diri
ü  Pelaksanaan tindakan pelanggaran oleh oknum aparat masih diskriminatif, tidak konsekuen, dan tindakan penyimpangan berupa KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme).
Dari faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam penegakan hak  asasi manusia diatas, mari kita upayakan untuk sedikit demi sedikitdikurangi (eliminasi) Demi terwujudnya perlindungan hak asasi manusia yang baik, mulailah dari diri kita sendiri untuk belajar menghormati hak-hak orang lain. Kita harus terus berupaya untuk menyuarakan tetap tegaknya hak asasi manusia, agar harkat dan martabat yang ada pada setiap manusia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa tetap terpelihara dengans ebaik-baiknya.

BAB III
PE
NUTUP


3.1. Kesimpulan
. Setelah kita mempelajari makalah ini dapat kita simpulkan bahwa kewarganegaraan merupakan hal penting yang harus diketahui oleh setiap warganegara. Ini dikarenakan bahwa dengan pemahaman kewarganegaraan yang baik maka kehidupan berbangsa dan bernegara akan menjadi tentram dan jelas. Dan kita sebagaiwarga negara yang bertanggung jawab terhadap masyarakat, bangsa dan negara hendaknya kita berusaha untuk meningkatkan pengamalan prinsip serta nilai-nilai luhur bangsa terutama memahami manusia yang pada dasarnya memiliki harkat dan martabat yang sama sebagai mahluk ciptaan Tuhan, agar tercipta suatu keadilan dalam kehidupan bernegara.





DAFTAR PUSTAKA

Anonim, 2011, Pengertian KeWarganegaraan. Diakses dari http://adjisutama.blogspot.com/2011/10/pengertian-kewarganegaraan.html. Tanggal 10 April 2013
Anonim, 2011, Hak Dan Kewajiban Warga Negara. Diakses dari http://makalahibd1.blogspot.com/2012/makalah-hak-dan-kewajiban-warga-negara.html. Tanggal 1 April 2013.

Anonim, 2012, Pemajuan Penghormatan dan perlindungan. Diakses dari http://fatmasusanti-ci0iceducation.blogspot.com/2012/09/pemajuanpenghormatan-dan- perlindungan.html. Tanggal 01 April 2013.


Keyword :
kewajiban warga negara kewajiban warga negara adalah kewajiban warga negara terhadap negara kewajiban warga negara dalam bidang politik kewajiban warga negara menurut uud kewajiban warga negara mengikuti pendidikan dasar kewajiban warga negara dalam bidang ekonomi kewajiban warga negara berdasarkan uud 1945 kewajiban warga negara membayar pajak kewajiban warga negara dan contoh pelaksanaannya kewajiban warga negara menurut uud 1945 kewajiban warga negara brainly kewajiban warga negara berdasarkan pasal uud 1945 kewajiban warga negara beserta pasalnya kewajiban warga negara serta pasal kewajiban warga negara bidang politik kewajiban warga negara bidang ekonomi kewajiban warga negara berdasarkan pasal kewajiban warga negara berdasarkan uud 45 kewajiban warga negara bidang hukum kewajiban warga negara contoh kewajiban warga negara.com kewajiban warga negara contohnya kewajiban warga negara indonesia dan contohnya kewajiban warga negara dan contohnya kewajiban warga negara dan contoh perwujudannya kewajiban warga negara beserta contohnya kewajiban warga negara beserta contoh perwujudannya pengingkaran kewajiban warga negara contoh kewajiban warga negara dan contoh kewajiban warga negara dalam uud 1945 kewajiban warga negara dalam pembelaan negara merupakan wujud kewajiban warga negara dalam pembukaan uud 1945 kewajiban warga negara dalam menjaga integrasi nasional kewajiban warga negara dalam melunasi pajak kewajiban warga negara dalam mengemukakan pendapat kewajiban warga negara ekonomi pengingkaran kewajiban warga negara bidang ekonomi jenis kewajiban warga negara dalam ekonomi hak kewajiban warga negara dalam bidang ekonomi pelanggaran kewajiban warga negara dibidang ekonomi hak dan kewajiban warga negara di era reformasi jenis kewajiban warga negara dibidang ekonomi kewajiban warga negara dibidang ekonomi kewajiban warga negara dalam ekonomi kewajiban warga negara terhadap ekonomi daerah fungsi kewajiban warga negara faktor pelanggaran kewajiban warga negara fungsi dan kewajiban warga negara faktor penyebab pengingkaran kewajiban warga negara faktor pengingkaran kewajiban warga negara hak dan kewajiban warga negara faktor terjadinya pengingkaran kewajiban warga negara faktor penyebab pelanggaran kewajiban warga negara faktor terjadinya pelanggaran kewajiban warga negara faktor hak dan kewajiban warga negara contoh gambar pengingkaran kewajiban warga negara gambar kewajiban warga negara gambar kewajiban warga negara indonesia gambar pengingkaran kewajiban warga negara contoh gambar kewajiban warga negara gambar pelanggaran kewajiban warga negara gambar hak kewajiban warga negara hak dan kewajiban warga negara beserta gambar gambar hak dan kewajiban warga negara kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan kewajiban warga negara dibidang hukum kewajiban warga negara terhadap hukum kewajiban warga negara dalam bidang hukum kewajiban warga negara dalam bidang hukum dan pemerintahan kewajiban warga negara dalam penegakan ham kewajiban warga negara terhadap instrumen ham kewajiban warga negara dalam bidang hankam kewajiban warga negara terhadap instrumen ham adalah hak kewajiban warga negara dalam uud 1945 kewajiban warga negara indonesia kewajiban warga negara indonesia menurut uud kewajiban warga negara indonesia beserta pasalnya sebutkan kewajiban warga negara indonesia kewajiban sebagai warga negara indonesia pengertian kewajiban warga negara indonesia pengingkaran kewajiban warga negara indonesia jenis kewajiban warga negara indonesia kewajiban kita sebagai warga negara indonesia salah satu kewajiban warga negara indonesia adalah hak dan kewajiban warga negara jepang hak dan kewajiban warga negara jurnal jenis kewajiban warga negara jenis kewajiban warga negara dan pasalnya jenis kewajiban warga negara serta pasal jenis kewajiban warga negara dan contoh perwujudannya jenis kewajiban warga negara beserta pasal nya jenis kewajiban warga negara menurut pasal jenis kewajiban warga negara serta pasal nya jelaskan kewajiban warga negara kewajiban warga negara kepada negaranya kewajiban warga negara kepada pemerintah adalah kewajiban warga kepada negara kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kewajiban warga negara terhadap konstitusi kewajiban warga negara terhadap proklamasi kemerdekaan yaitu kewajiban warga negara dalam bidang kesehatan hak dan kewajiban warga negara kesimpulan kewajiban warga negara kewajiban asasi kemukakan kewajiban warga negara yang anda ketahui kewajiban warga negara di lingkungan rumah kewajiban warga negara dalam berlalu lintas pengingkaran kewajiban warga negara di lingkungan masyarakat kewajiban warga negara terhadap lingkungan kewajiban warga negara di lingkungan masyarakat kewajiban warga negara di lingkungan keluarga kewajiban warga negara di lingkungan sekolah kewajiban warga negara dalam lingkungan masyarakat kewajiban warga negara dalam lingkungan keluarga kewajiban warga negara dalam lingkungan sekolah kewajiban warga negara menurut uud 1945 alinea pertama kewajiban warga negara menghemat air kewajiban warga negara menurut uud nri tahun 1945 kewajiban warga negara menurut pasal 30 uud 1945 kewajiban warga negara menurut undang undang kewajiban warga negara menurut uu kewajiban warga negara menurut pasal 31 uud 1945 kewajiban warga negara terhadap negaranya kewajiban warga negara dan pasal nya kewajiban warga negara dalam negara demokrasi contoh kewajiban warga negara terhadap negaranya makna hak dan kewajiban warga negara nama ahli jenis kewajiban warga negara dan pasal nya kewajiban warga negara dalam membela negara opini hak dan kewajiban warga negara kewajiban warga negara dibatasi oleh kewajiban warga negara terhadap otonomi daerah kewajiban warga negara terhadap kegiatan otonomi daerah kewajiban warga negara yang diatur oleh uud 1945 kewajiban warga negara yang diatur oleh uud pengingkaran kewajiban warga negara disebabkan oleh pengingkaran kewajiban warga negara biasanya disebabkan oleh hak dan kewajiban warga negara diatur oleh hak dan kewajiban warga negara dan orang asing kewajiban warga negara pasal kewajiban warga negara peradilan indonesia kewajiban warga negara pasal 28 kewajiban warga negara pasal 30 kewajiban warga negara pengertian kewajiban warga negara pasal 30 ayat 1 kewajiban warga negara pembukaan uud kewajiban warga negara pasal 31 ayat 2 kewajiban warga negara pada uud 1945 kewajiban warga negara pasal 27 ayat 3 kewajiban warga negara ri kewajiban warga negara ri menurut uud 1945 kewajiban warga negara republik indonesia kewajiban warga negara ri menurut uud makalah hak dan kewajiban warga negara republik indonesia artikel hak dan kewajiban warga negara republik indonesia rangkuman kewajiban warga negara dalam proses demokrasi jenis kewajiban warga negara uud ri 1945 kewajiban warga negara di rumah kewajiban warga negara sesuai uud 1945 kewajiban warga negara sebagai pelajar kewajiban warga negara serta pasalnya kewajiban warga negara sesuai uud kewajiban warga negara sesuai pasal kewajiban warga negara sesuai uud 45 kewajiban warga negara secara universal kewajiban warga negara sesuai pasal 27 ayat 3 kewajiban warga negara secara umum kewajiban warga negara sesuai dengan uud kewajiban warga negara terhadap pemerintah kewajiban warga negara tentang agama kewajiban warga negara terhadap pancasila kewajiban warga negara terhadap peraturan perundang-undangan kewajiban warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar kewajiban warga negara uud 1945 kewajiban warga negara uud nri 1945 kewajiban warga negara uud kewajiban warga negara untuk membayar pajak kewajiban warga negara uud 45 kewajiban warga negara uud 1945 pasal video kewajiban warga negara hak dan kewajiban warga negara vietnam hak dan kewajiban warga negara video video pengingkaran kewajiban warga negara video tentang kewajiban warga negara video kasus pengingkaran kewajiban warga negara video hak dan kewajiban warga negara indonesia hak dan kewajiban warga negara wikipedia kewajiban warga negara terhadap warga negaranya www.kewajiban warga negara kewajiban warga negara terhadap warga negara pemerintah hak dan kewajiban warga negara kelas x hak dan kewajiban warga negara pkn kelas xi hak dan kewajiban warga negara kelas xi hak dan kewajiban warga negara materi kelas xi materi hak dan kewajiban warga negara kelas x kewajiban warga negara yang diatur dalam uud 1945 kewajiban warga negara yang ada di uud kewajiban warga negara yang baik kewajiban warga negara yang terdapat dalam uud 1945 kewajiban warga negara yang tercantum dalam pembukaan uud 1945 kewajiban warga negara yang diatur dalam uud 1945 adalah kewajiban warga negara yang diatur uud 1945 kewajiban warga negara yg diatur dalam uud 1945 kewajiban warga negara yang terdapat dalam uud kewajiban warga negara yang ada dalam uud 1945 100 kewajiban warga negara kewajiban warga negara menurut 1945 kewajiban warga negara alinea 1 kewajiban warga negara alinea 1 pembukaan uud kewajiban warga negara dalam uud 1945 beserta pasalnya kewajiban warga negara dalam pasal 28 kewajiban warga negara menurut pasal 27 kewajiban warga negara dalam pasal 26 hak dan kewajiban warga negara kurikulum 2013 kewajiban warga negara pasal 26 kewajiban warga negara pasal 27 kewajiban warga negara pasal 23a kewajiban warga negara pasal 29 kewajiban warga negara pasal 27 sampai 34 kewajiban warga negara pasal 31 ayat 1 kewajiban warga negara pasal 30 uud 1945 kewajiban warga negara pasal 31 kewajiban warga negara pasal 34 kewajiban warga negara pasal 35 kewajiban warga negara pasal 33 kewajiban warga negara pasal 32 kewajiban warga negara pasal 36 hak dan kewajiban warga negara di uud 45 kewajiban warga negara dalam uud 45 kewajiban warga negara di uud 45 4 kewajiban warga negara dalam uud 4 kewajiban warga negara indonesia kewajiban warga negara indonesia menurut uud 45 4 kewajiban warga negara dalam uud 1945 5 contoh kewajiban warga negara terhadap negaranya 5 kewajiban warga negara 5 kewajiban warga negara indonesia 5 kewajiban warga negara menurut undang undang 5 kewajiban warga negara dalam uud 5 kewajiban warga negara menurut curzon 5 kewajiban warga negara dalam demokrasi 5 kewajiban warga negara dalam menjaga keutuhan nkri 5 kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa 5 kewajiban warga negara dalam uud 45 6 pasal kewajiban warga negara 6 kewajiban warga negara 6 kewajiban warga negara indonesia 6 kewajiban warga negara indonesia menurut uud 1945 6 kewajiban warga negara dalam uud 1945 jenis kewajiban warga negara tugas mandiri 6.2 6 ayat kewajiban warga negara bab 6 kewajiban warga negara dalam proses demokrasi permasalahan hak dan kewajiban warga negara tabel 6.3 tugas mandiri 6.2 kewajiban warga negara 7 kewajiban warga negara menurut uud 1945 7 kewajiban sebagai warga negara indonesia 7 kewajiban warga negara 7 kewajiban warga negara dalam uud nri 1945 hak dan kewajiban warga negara tabel 7.3 7.3 hak dan kewajiban warga negara 7 hak dan kewajiban warga negara 7 kewajiban warga negara indonesia 8 kewajiban warga negara 8 kewajiban sebagai warga negara makalah kewajiban warga negara dalam proses demokrasi makalah kewajiban warga negara makalah kewajiban warga negara indonesia makalah kewajiban warga negara dalam demokrasi makalah kewajiban warga negara doc makalah kewajiban sebagai warga negara makalah pengingkaran kewajiban warga negara dalam bidang ekonomi artikel pengingkaran kewajiban warga negara pengertian kewajiban warga negara pengertian kewajiban warga negara dan contohnya contoh makalah hak kewajiban warga negara contoh makalah hak dan kewajiban warga negara dalam proses demokrasi pengertian kewajiban warga negara dan contoh contoh makalah kewajiban warga negara contoh makalah kewajiban warga negara indonesia contoh makalah hak kewajiban warga negara indonesia contoh makalah hak dan kewajiban warga negara contoh makalah hak dan kewajiban warga negara indonesia contoh makalah hak dan kewajiban warga negara menurut uud 1945 makalah hak dan kewajiban warga negara beserta footnote makalah hak dan kewajiban warga negara di era globalisasi gudang makalah hak dan kewajiban warga negara makalah hak dan kewajiban warga negara republik indonesia makalah hak dan kewajiban warga negara di indonesia makalah hak kewajiban warga negara makalah hak dan kewajiban warga negara makalah hak dan kewajiban warga negara indonesia makalah hak dan kewajiban warga negara doc makalah hak dan kewajiban warga negara pdf makalah hak dan kewajiban warga negara menurut uud 1945 makalah hak dan kewajiban warga negara indonesia(pdf) pengertian kewajiban sebagai warga negara indonesia pengertian pengingkaran kewajiban warga negara indonesia makalah pengingkaran hak dan kewajiban warga negara indonesia makalah hak dan kewajiban sebagai warga negara indonesia makalah hak dan kewajiban warga negara menurut islam pengertian kewajiban warga negara indonesia artikel kewajiban warga negara indonesia judul makalah hak dan kewajiban warga negara judul makalah tentang hak dan kewajiban warga negara makalah hak kewajiban dan tanggung jawab warga negara makalah kasus pengingkaran kewajiban warga negara makalah kewarganegaraan hak dan kewajiban warga negara makalah kwn hak dan kewajiban warga negara makalah hak dan kewajiban warga negara serta pemberantasan korupsi makalah kasus hak dan kewajiban warga negara indonesia makalah tentang kasus pengingkaran kewajiban warga negara makalah kasus hak dan kewajiban warga negara makalah konsep hak dan kewajiban warga negara makalah hak dan kewajiban warga negara dalam bidang kesehatan makalah hak dan kewajiban warga negara dalam pelayanan kesehatan makalah hak dan kewajiban warga negara lengkap makalah lengkap tentang hak dan kewajiban warga negara latar belakang makalah hak dan kewajiban warga negara landasan teori makalah hak dan kewajiban warga negara pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut notonegoro pengertian kewajiban warga negara menurut para ahli pengertian kewajiban warga negara menurut uud 1945 pengertian kewajiban warga negara menurut salmond pengertian kewajiban warga negara menurut ahli makalah hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli makalah hak dan kewajiban warga negara menurut uud makalah hak dan kewajiban warga negara menurut uud 45 makalah kewajiban negara untuk menjamin hak asasi warga negara makalah kewajiban warga negara terhadap negaranya makalah kewajiban warga negara dalam membela negara makalah kewajiban warga negara dalam bela negara makalah hak dan kewajiban warga negara dalam pembangunan nasional makalah hak dan kewajiban warga negara dan negara makalah hak dan kewajiban warga negara serta negara makalah tentang kewajiban warga negara dalam membela negara makalah hak dan kewajiban warga negara dalam negara demokrasi makalah hak dan kewajiban warga negara dalam bela negara makalah pkn tentang pengingkaran kewajiban warga negara pengertian kewajiban warga negara dalam proses demokrasi makalah hak dan kewajiban warga negara ppt pengertian kewajiban warga negara terhadap pemerintah pengertian kewajiban warga negara dan pasalnya pengertian kewajiban warga negara dalam proses demokrasi di indonesia artikel hak dan kewajiban warga negara republik indonesia pengertian hak dan kewajiban warga negara republik indonesia pengertian hak dan kewajiban warga negara serta contohnya makalah hak dan kewajiban warga negara amerika serikat makalah pelanggaran hak dan kewajiban sebagai warga negara makalah hak dan kewajiban siswa sebagai warga negara makalah hak dan kewajiban warga negara serta ham makalah hak dan kewajiban warga negara scribd pengertian hak dan kewajiban warga negara terhadap lingkungan makalah tema hak dan kewajiban warga negara makalah kwn tentang hak dan kewajiban warga negara makalah tentang kewajiban warga negara makalah tentang kewajiban warga negara dalam proses demokrasi makalah tentang pengingkaran kewajiban warga negara makalah hak dan kewajiban warga negara terhadap negara makalah hak dan kewajiban warga negara dalam upaya bela negara makalah hak dan kewajiban warga negara dalam uud 1945 makalah hak dan kewajiban warga negara berdasarkan uud 1945 makalah tentang hak dan kewajiban warga negara menurut uud 1945 makalah hak dan kewajiban warga negara indonesia menurut uud 1945 makalah hak dan kewajiban warga negara indonesia dalam uud 1945 pengertian hak dan kewajiban warga negara wikipedia 1 makalah hak dan kewajiban warga negara makalah hak dan kewajiban warga negara indonesia berdasarkan uud 1945 Terimakasih atas artikel yang luarbiasa dari anda, jangan lupa kunjungi kamio. jika anak anda mengalami campak karena virus rubell maka anda perlu Obat Penyakit Campak Untuk Anak di Bawah 5 Tahun dan jang lupa melihat artikel kami berjudul 6 Jurus Mudah Menghafal Al-Qur’an agar anda lebih mudah untuk menghafal Al-Qur'an.